Monitoring KJP (KARTU
JAKARTA PINTAR)
Sdn 05 pagi kelapa
dua jakarta Barat
Disusun oleh:
AZIZAH 1701360816
SABILLA TRIANDINA 1701362342
GRACELY JENNIFER 1701355955
KIRAN SRIANJANI 1701360135
TAHEERA JASMINE 1701350260
SUWITO 1701360816
ARYAWAN 17013729
AHMAD MAULUDI 1701359801
Kata Pengantar
Puji
dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat anugrah dan
hidayahNYA lah kami dapat menyelesaikan penyusunan laporan ini dengan baik.
Tidak lupa kami ucapkan kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam penyusunan
laporan ini sehingga dapat tersusun dan terselesaikan dengan baik dan tepat
pada waktunya.
Laporan
ini kami susun berdasarkan pengetahuan dan penelitian yang kami peroleh dari
berbagai sumber, yaitu data yang diberikan melalui TFI dan Sekolah yang
bersangkutan. Dengan harapan pembaca dapat memahami mengenai pembahasan laporan
kami yang berjudul “Monitoring KJP (Kartu Jakarta Pintar), Program 8355 dan
Validasi Pendidikan SDN KELAPA DUA 05 PAGI bersama Teach For Indonesia
(TFI)”.Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat yang lebih baik.
Kami
menyadari, bahwa penulisan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh
karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun
demi perbaikan laporan ini di masa
mendatang.
DAFTAR ISI
Bab I
Pendahuluan
A. Latar Belakang
Penelitian/Pengamatan
Dalam
project CB Professional Development kami mendapat tugas untuk mengamati,
memeriksa KJP (Kartu Jakarta Pintar), Program 8355 dan Validasi pendidikan.
Yang bertujuan untuk apakah data yang berada Dinas Pendidikan dan di Sekolah
valid. Dalam kesempatan kali ini kami mendapat penilitian di sekolah SDN KELAPA
DUA 05 PAGI. Dalam penelitian kali ini kami akan melaporkan kegiatan laporan
Program KJP (Kartu Jakarta Pintar) di sekolah tersebut.
B. Kegunaan Pengamatan
Manfaat
dan kegunaan kita melakukan pengamatan adalah untuk membantu Dinas Pendidikan
dalam mewawancarai murid penerima KJP (Kartu Jakarta Pintar) dengan menggunakan
kuisioner yang kemudian data kuisioner tersebut akan kami masukkan kedalam
Google Docs. Lalu data kuisioner tersebut akan kami berikan ke Dinas
Pendidikan. Dan manfaat yang kami dapatkan adalah untuk menyelesaikan tugas
akhir dari mata kuliah CB Professional Development.
Bab II
Isi Utama Laporan
Tempat : SDN KELAPA DUA 05 PAGI
Alamat : Jl. Lada
RT.04 RW.08, Jakarta Barat
Waktu : 09.00
WIB
Peserta
Kegiatan : 1. Azizah 1701360816
2.
Taheera Jasmine W 1701350260
3.
Kirana Srianjani 1701360135
4.
Ahmad Mauludi 1701359801
5.
Sabilla Triandina 1701362342
6.
Aryawan Danihiswara 1701372923
7.
Gracely Jennifer 1701355955
8.
Suwito 1701334055
Kegiatan
pertama yang kami lakukan adalah kami mendatangi ruang Kepala Sekolah untuk
meminta izin terlebih dahulu untuk memulai kegiatan Program KJP (Kartu Jakarta
Pintar) yang sebelumnya sudah membuat janji kepada pihak sekolah. Setelah itu,
pihak sekolah memberikan kami data yang menerima KJP (Kartu Jakarta Pintar)
yang akan kami cocokan dengan data Dinas Pendidikan.
Lalu
kami mencocokan data KJP (Kartu Jakarta Pintar) yang kami dapatkan dari TFI
dengan SD berikan. Lalu kami mewawancarai 30 murid secara acak dari kelas 1
sampai kelas 6 di SD tersebut.
Setelah
kami mewawancarai murid dengan menggunakan kuisioner, lalu kami mendata ulang
nama anak tersebut pada data Dinas Pendidikan yang TFI berikan kepada kami agar
mengetahui apakah anak tersebut benar terdaftar pada Program KJP (Kartu Jakarta Pintar)
seperti pada data yang terdapat di Dinas Pendidikan. Pada saat mewawancarai
murid – murid SD, sedikit sulit dalam menanyai pertanyaan kuisioner kedalam
bahasa sehari - hari kepada murid – murid SD tersebut. Karena mereka sebagian
besar dalam mendaftarkan KJP (Kartu Jakarta Pintar) diurusi oleh orangtua
mereka. Tetapi, mereka mendapatkan bimbingan oleh guru – guru mereka dalam
menjawab pertanyaan – pertanyaan yang diberikan oleh kami.
Pada
akhir kegiatan, kami dan juga Kepala Sekolah melakukan sesi foto untuk
mengabadikan kegiatan yang kami lakukan.
Bab III
Kesimpulan dan Saran
A.
Kesimpulan
Dari
kegiatan yang kami lakukan, kami dapat menyimpulkan sampel 30 anak yang kami
wawancarai valid atau cocok dengan data yang diberikan oleh TFI. KJP (Kartu
Jakarta Pintar) menurut kami sangat membantu bagi murid – murid utnuk dapat
melanjutkan sekolah, karena bagi mereka sekolah itu penting. Dan kami juga
medapatkan pengalam baru dalam membantu tugas Dinas Pendidikan.
B.
Saran
Saran
yang kami berikan semoga kegiatan yang TFI berikan dapat mendidik karakter
mahasiswa/i menjadi karakter yang lebih baik lagi. Dan juga program yang TFI
berikan
semakin menjadi lebih baik lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar