Rabu, 28 Oktober 2015

Laporan Kegiatan Monitoring Kartu Jakarta Pintar (KJP) SDN 05 Kelapa Dua Pagi

Monitoring KJP (KARTU JAKARTA PINTAR)
Sdn 05 pagi kelapa dua jakarta Barat

Disusun oleh:

AZIZAH 1701360816
SABILLA TRIANDINA 1701362342
GRACELY JENNIFER 1701355955
KIRAN SRIANJANI 1701360135
TAHEERA JASMINE 1701350260
SUWITO 1701360816
ARYAWAN  17013729
AHMAD MAULUDI 1701359801

 

 Kata Pengantar


Puji dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat anugrah dan hidayahNYA lah kami dapat menyelesaikan penyusunan laporan ini dengan baik. Tidak lupa kami ucapkan kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam penyusunan laporan ini sehingga dapat tersusun dan terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya.

Laporan ini kami susun berdasarkan pengetahuan dan penelitian yang kami peroleh dari berbagai sumber, yaitu data yang diberikan melalui TFI dan Sekolah yang bersangkutan. Dengan harapan pembaca dapat memahami mengenai pembahasan laporan kami yang berjudul “Monitoring KJP (Kartu Jakarta Pintar), Program 8355 dan Validasi Pendidikan SDN KELAPA DUA 05 PAGI bersama Teach For Indonesia (TFI)”.Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat yang lebih baik.

Kami menyadari, bahwa penulisan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi  perbaikan laporan ini di masa mendatang.








Bab I

Pendahuluan

 

A. Latar Belakang Penelitian/Pengamatan

 

Dalam project CB Professional Development kami mendapat tugas untuk mengamati, memeriksa KJP (Kartu Jakarta Pintar), Program 8355 dan Validasi pendidikan. Yang bertujuan untuk apakah data yang berada Dinas Pendidikan dan di Sekolah valid. Dalam kesempatan kali ini kami mendapat penilitian di sekolah SDN KELAPA DUA 05 PAGI. Dalam penelitian kali ini kami akan melaporkan kegiatan laporan Program KJP (Kartu Jakarta Pintar) di sekolah tersebut.


B. Kegunaan Pengamatan


Manfaat dan kegunaan kita melakukan pengamatan adalah untuk membantu Dinas Pendidikan dalam mewawancarai murid penerima KJP (Kartu Jakarta Pintar) dengan menggunakan kuisioner yang kemudian data kuisioner tersebut akan kami masukkan kedalam Google Docs. Lalu data kuisioner tersebut akan kami berikan ke Dinas Pendidikan. Dan manfaat yang kami dapatkan adalah untuk menyelesaikan tugas akhir dari mata kuliah CB Professional Development.

 Bab II

 Isi Utama Laporan


Tempat                        :           SDN KELAPA DUA 05 PAGI
Alamat                        :           Jl. Lada RT.04 RW.08, Jakarta Barat
Waktu                         :           09.00 WIB
Peserta Kegiatan         :           1. Azizah                                 1701360816
                                                2. Taheera Jasmine W             1701350260
                                                3. Kirana Srianjani                  1701360135
                                                4. Ahmad Mauludi                  1701359801
                                                5. Sabilla Triandina                 1701362342
                                                6. Aryawan Danihiswara        1701372923
                                                7. Gracely Jennifer                  1701355955
                                                8. Suwito                                 1701334055

Kegiatan pertama yang kami lakukan adalah kami mendatangi ruang Kepala Sekolah untuk meminta izin terlebih dahulu untuk memulai kegiatan Program KJP (Kartu Jakarta Pintar) yang sebelumnya sudah membuat janji kepada pihak sekolah. Setelah itu, pihak sekolah memberikan kami data yang menerima KJP (Kartu Jakarta Pintar) yang akan kami cocokan dengan data Dinas Pendidikan.
Lalu kami mencocokan data KJP (Kartu Jakarta Pintar) yang kami dapatkan dari TFI dengan SD berikan. Lalu kami mewawancarai 30 murid secara acak dari kelas 1 sampai kelas 6 di SD tersebut.
Setelah kami mewawancarai murid dengan menggunakan kuisioner, lalu kami mendata ulang nama anak tersebut pada data Dinas Pendidikan yang TFI berikan kepada kami agar mengetahui apakah anak tersebut benar terdaftar  pada Program KJP (Kartu Jakarta Pintar) seperti pada data yang terdapat di Dinas Pendidikan. Pada saat mewawancarai murid – murid SD, sedikit sulit dalam menanyai pertanyaan kuisioner kedalam bahasa sehari - hari kepada murid – murid SD tersebut. Karena mereka sebagian besar dalam mendaftarkan KJP (Kartu Jakarta Pintar) diurusi oleh orangtua mereka. Tetapi, mereka mendapatkan bimbingan oleh guru – guru mereka dalam menjawab pertanyaan – pertanyaan yang diberikan oleh kami.
Pada akhir kegiatan, kami dan juga Kepala Sekolah melakukan sesi foto untuk mengabadikan kegiatan yang kami lakukan.

Bab III

 Kesimpulan dan Saran


A.   Kesimpulan


Dari kegiatan yang kami lakukan, kami dapat menyimpulkan sampel 30 anak yang kami wawancarai valid atau cocok dengan data yang diberikan oleh TFI. KJP (Kartu Jakarta Pintar) menurut kami sangat membantu bagi murid – murid utnuk dapat melanjutkan sekolah, karena bagi mereka sekolah itu penting. Dan kami juga medapatkan pengalam baru dalam membantu tugas Dinas Pendidikan.

B.   Saran


Saran yang kami berikan semoga kegiatan yang TFI berikan dapat mendidik karakter mahasiswa/i menjadi karakter yang lebih baik lagi. Dan juga program yang TFI

berikan semakin menjadi lebih baik lagi. 


LAMPIRAN













Tidak ada komentar:

Posting Komentar